Kue Khas dari Kalimantan

Kuliner
Kue Khas Bulan Ramadhan Dari Kalimantan

Kue Khas Bulan Ramadhan dari Kalimantan

Bosan dengan bukaan yang gitu-gitu aja?. Mau nyobain sesuatu yang tradisional?. Cobain nih, Kue Bingka Barandam. Kue ini adalah kue asli Banjarmasin. Namanya Bingka Barandam. Artinya ya.. Bingka Berendam, kata Barandam itu sendiri dapat diartikan sebagai Berendam. Itu karena kue khas dari kalimantan ini direndam dengan air gula. Hal ini membuat rasa kue tersebut manis, cocok untuk menjadi santapan ketika berbuka puasa. Kalau mau nyobain, langsunglah berkunjung ke Banjarmasin, atau langsung bisa dibuat dirumah. Bahan membuat kue ini juga mudah diperoleh kok, jadi anda dapat membuatnya untuk santapan berbuka di rumah anda sendiri. Kalau tertarik, resep dan cara untuk membuat kue yang satu ini juga banyak di gugel kok, nih saya kasih salah satu contohnya dari cookpad.com.

Kue Khas Bulan Ramadhan Dari Kalimantan

Tuhhh liat, bentuknya lucu dan terlihat menggiurkan bukan?. Warna kuning yang mencolok dan daun pandan berbentuk “V” diatasnya, serta bayangan akan manisnya air gula yang membanjiri kue tersebut benar-benar mencuri pandangan mata orang awam saat mencari jajanan untuk berbuka puasa. Bisa dibilang seperti memakan kue dan meminum teh manis secara sekaligus. Gak kebayang kan betapa nikmatnya menyantap kue ini pas berbuka puasa. Wuiih… ati ati ketagihan aja tuh. Tapi, siapa yang bakal gak ketagihan nyobain kue ini ya.

Uniknya lagi, kue ini jarang ditemukan diluar bulan Ramadhan, namun pada bulan suci kue ini menjadi populer dikalangan penjaja kue tradisional. Jika kalian mau pergi ke kalimantan untuk nyobain kue tradisional di bulan ramadhan ini, simak nih.. tempat-tempat wisata yang kalian harus kunjungi selagi di Kalimantan, sekalian ngabuburit lah, hehe.

Nah untuk sekarang itu dulu deh, nanti bakal ada kue-kue unik lainnya di postingan yang akan datang. Lihat terus postingan terbaru, siapa tau bisa nemu kue tradisional atau tempat wisata favorit yang kalian belum pernah tahu. Okelah, kalau gitu penulis pamit dulu ya. Eat your cakes, and travel well!

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *