3 Tips Manajemen Waktu dari Head of Marketing Google Apps for Work

Tips
3 Tips Manajemen Waktu dari Head of Marketing Google Apps for Work

Bekerja keras memang mutlak dilakukan. Namun jika dapat memilih, manakah yang lebih baik dilakukan, bekerja keras atau bekerja cerdas?

Seringkali kita berpikir bahwa tak mungkin menyelesaikan seluruh pekerjaan kantor dalam waktu satu hari. Banyaknya tugas kantor yang diberikan oleh atasan atau ketatnya deadline pekerjaan kadang menjadi alasan seorang pegawai untuk lembur. Padahal jika mau melihat lebih jauh, solusinya hanya semudah mengubah mindset tentang manajemen waktu.

Saat mengirimkan surel kepada anggota timnya, Jeremiah Dillon, Head of Product Marketing Google Apps for Work menawarkan beberapa tips dalam memanajemen waktu kerja. Dillon berpendapat bahwa dengan mengalokasikan waktu kerja di kantor secara cerdas, seseorang dapat membuat penyelesaian cepat terhadap beberapa pekerjaan kantor yang telah lama ada dalam to-do list namun tak kunjung terselesaikan.

1. Tentukan Tujuan dengan Spesifik

Pada dasarnya, tempat bekerja dapat dibedakan menjadi dua kelompok orang, yaitu makers dan managers. Bagi seorang managers, satu hari dibedakan ke dalam 30 menit interval, sementara makers berpikir tentang waktunya dalam setegah hari atau sehari penuh. Mereka berkomitmen untuk “membuat waktu” atau melengkapi tugas-tugas  dalam menyusun waktu khusus.

Dillon merujuk sebuah penelitian tentang olahraga, di mana tiga kelompok tiga kelompok eksperimen melakukan olahraga. Kelompok dengan petunjuk paling spesifik yang berkomitmen untuk berolahraga sesuai dengan hari dan waktu yang telah ditentukan ternyata memiliki tingkat keberhasilan yang paling tinggi sebesar 91 persen.

Sama halnya dengan hal tersebut, Dillon juga menyarankan bahwa managers mungkin akan menjadi lebih produktif jika mereka memikirkan waktu mereka sebagaimana yang dilakukan oleh makers. Secara jelas, hal ini mengindikasikan kapan dan dimana mereka akan meluangkan waktu untuk pekerjaan yang spesifik.

2. Lihat Kembali Jadwal Meeting

Luangkan waktu sebentar untuk sekadar melihat jadwal meeting dalam kalender. Mungkin saja di antara beberapa meeting tersebut, ada yang dapat dibuat lebih pendek, termasuk dengan orang yang lebih sedikit, dan yang lainnya dapat dijadwalkan kembali atau bahkan ditunda semuanya. Anda dapat merealokasikan waktu yang telah disimpan.

3. Buatlah Rencana Sesuai Karakteristik Waktu

Setiap hari, cobalah untuk membuat daftar pembagian waktu yang disesuaikan dengan to-do list saat pagi. Jangan menunda untuk mengerjakan tugas-tugas penting misalnya apabila anda adalah penyedia jasa seo profesional,  pada hari Jumat ketika pertemuan minggu ini telah selesai. Gunakan energi di akhir pekan untuk merencanakan minggu Anda pada hari Senin. Taklukkan tugas-tugas terpenting Anda di hari Selasa dan Rabu ketika motivasi dan semangat dalam kondisi tertinggi.  Alokasikan hari Kamis untuk meeting atau bertemu klien. Di hari jumat, ketika semangat kerja mulai berkurang, buatlah rencana jangka panjang dan gunakan waktu tersebut untuk membangun hubungan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *